Manfaat Pendaftaran Merek Bagi Sebuah Bisnis yang Menguntungkan

Manfaat Pendaftaran Merek Bagi Sebuah Bisnis yang Menguntungkan

Pendaftaran merk terlalu mutlak dijalankan demi menjaga merk bisnis Anda. Ini dijalankan untuk mencegah merk supaya tidak bisa dipakai oleh teledor orang. Anda tentu tidak mau merk yang udah dibangun sejak lama dan kesusahan payah, tiba-tiba direbut oleh orang lain begitu saja. Oleh gara-gara itu, mesti mengerti apa saja manfaat pendaftaran merk bagi bisnis.

Sebagai pengusaha pemula, langkah awal yang mesti dijalankan adalah mengembangkan merek. Fungsi merk dagang yang paling utama adalah sebagai isyarat pengenal dan alat promosi. Merek yang dibranding punyai kualitas bagus tentu lebih gampang dipercaya oleh konsumen.

Berikut sebagian Keuntungan dan manfaat pendaftaran merk bagi bisnis:

1. Mendapatkan Perlindungan
Sebuah merk baru bisa mendapat pemberian secara hukum sesudah didaftarkan dan meraih sertifikat dari Menteri Hukum dan HAM. Itu berarti, sepanjang merk belum didaftarkan maka berstatus umum dan tidak mendapat perlindungan.
Semua orang bisa bebas menggunakannya dan pemilik asli tidak bisa menuntut secara hukum apabila berlangsung pencurian. Sistem seperti ini dikenal bersama dengan arti konstitutif. Kondisinya beralih ketika Anda udah mendaftarkan sebuah merek.

Negara bakal memberi hak eksklusif kepada pemilik dan menjaga secara penuh untuk 10 tahun kedepan sejak tanggal penerimaan. Setelah itu, pendaftaran merk mesti diperpanjang proteksi merek .

BACA JUGA
Strategi Merek Sepatu Lokal Bertahan di Tengah Pandemi
Hal ini udah ditetapkan oleh UU No. 19 Tahun 1992, UU No. 14 Tahun 1998 dan UU No. 15 Tahun 2001.
Pada proses pendaftaran konstitutif, komitmen yang berlaku untuk penerimaan merk adalah siapa cepat dia bisa (first to file). Siapapun pihak yang mendaftar lebih dahulu maka diterima pendaftarannya. Tujuannya adalah mencegah pendomplengan, pemalsuan dan kesamaan bersama dengan punya orang lain.

2. Memiliki Identitas Produk
Manfaat daftar merk berikutnya adalah memicu bisnis Anda punyai identitas. Seperti yang udah dijelaskan pada UU Nomor 20 Tahun 2016 berkenaan Merek dan Indikasi Geografis.

Menurut UU tersebut, merk adalah isyarat yang bisa ditampilkan secara grafis berupa logo, gambar, angka, nama, huruf, susunan warna dan kata. Baik di dalam wujud suara, 2 atau 3 dimensi, hologram maupun paduan dua unsur atau lebih sebagai pembeda sebuah produk dan jasa.

BACA JUGA
Merek Tiongkok Kuasai 73,3 Persen Pasar Smartphone Indonesia
Sekarang, tiap tiap produk atau layanan baru yang Anda luncurkan punyai identitas. Identitas selanjutnya tergantung pada trik branding di masyarakat. Apakah Anda memperkenalkan merk sebagai produsen yang harganya murah, tekankan kualitas atau banyak beri tambahan bonus.

3. Pembeda bersama dengan Produk Lain
Sekarang cobalah Anda bayangkan apa yang terlintas di asumsi ketika memandang label Xiaomi, Apple, ROG dan Samsung? Setiap merk tentu punyai daya tarik tersendiri di benak konsumen. Bukankah Anda terhitung ingin punyai merk bisnis yang dikenal luas oleh penduduk bersama dengan karakteristik tertentu. Maka dari itu, sejak awal merintis bisnis mutlak membayangkan untuk mendaftar merek.

4. Memperoleh Hak Eksklusif
Setelah sukses mendaftarkan merek, sekarang merk bisnis Anda dilindungi semuanya oleh UU Merek dan Indikasi Geografis. Tidak tersedia pihak yang bisa gunakan nama merk secara teledor dan Anda bisa menuntut secara hukum apabila berlangsung pencurian. Apabila Anda mengizinkan merk bisnis digunakan oleh pihak lain, maka dijalankan bersama dengan memberi izin resmi.

5. Merasakan Nilai Ekonomis
Merek yang sukses lakukan branding bersama dengan baik kebanyakan punyai basis costumer besar dan lebih gampang diterima penduduk tiap tiap merilis produk baru. Secara umum, produk yang tidak punyai merk atau identitas kebanyakan kurang dipercaya oleh calon konsumen.

Ulasan berkenaan manfaat pendaftaran merk di atas bisa memerlihatkan berbagai keuntungan yang bakal diperoleh bersama dengan mendaftarkan merk atau merk yang pada akhirnya berdampak positif pada bisnis yang dijalankan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.